Pertolongan Pertama Hadapi Stroke



Pengertian

Penyakit Storke Adalah Suatu penyakit yang menyerang sistem saraf pada tubuh kita yang mengakibatkan matinya sebagian tubuh kita atau seluruh tubuh kita.Sehingga seorang apabila terkena serangan stroke dilarang untuk menyantap makanan yagn berlemak tinggi seperti daging sapi,sotong, dll.


Ada sebuah Cerita pengalaman saya ketika itu, ada teman saya menghadiri sebuah acara pesta makan malam.Dimana acara tersebut juga menyajikan sajian makanan yang banyak mengandung berlemak tinggi,Teman saya ini sangat menyukai sotong.Dan ketika dia makan sebanyak -banyaknya.terdengar kabar teman saya tersebut sudah dirawat diruang UGD karena stroke.Mengejutkan bukan ?
Segelintir cerita diatas mengingatkan kita agar dapat menjaga kesehatan kita agar tetap terjaga dengan menjaga kolestrol pada makanan yang kita santap.

Nah pada pembahasan ini,saya mencoba untuk mengetahui langkah darurat jika kita menghadapi situasi gawat darurat.Nah ini adalah langka -langkahnya

Identifikasi Stroke

Seorang neurologist berkata bahwa jikalau ia mendapatkan korban stroke dalam jangka waktu 3 jam, ia dapat membantu membalikkan efek dari stroke tersebut secara total. Ia berkata bahwa triknya untuk mengenal sebuah serangan stroke, dan membuat pasien secara medis ditangani dalam waktu 3 jam, yang sulit.

Mengenali Stroke

Ingat 3 langkah, STR. Baca dan pelajari!

Terkadang tanda stroke sulit untuk di identifikasi. Sayangnya, tidak mengetahui ini bisa berakibat fatal. Korban stroke dapat mengalami kerusakan otak yang besar ketika orang di dekatnya gagal dalam mengindentifikasi tanda sebuah stroke.
Dokter saat ini berkata bahwa orang biasa dapat mengenal serangan stroke dengan 3 pertanyaan simple di bawah ini:

S = Minta orang tersebut untuk SMILE (Senyum)..
T = TALK. Minta orang tersebut untuk bicara kalimat yang mudah (secara langsung) contoh : Hari ini sangat cerah.
R = Minta dia untuk RAISE BOTH ARMS (Angkat kedua tangannya).

Jikalau orang tersebut kesulitan dalam melakukan salah satu dari tugas diatas, panggil ambulan dan jelaskan tanda-tandanya kepada operator.

Catatan

Tanda lain dari sebuah stroke adalah
1. Minta orang tersebut untuk menjulurkan lidahnya.
2. Jikalau lidah tersebut bengkok, atau jikalau lidah tersebut terjulur ke satu sisi atau lainnya maka ini adalah tanda-tanda sebuah stroke.


Blog Ini Didukung Oleh :


0 comments:

Post a Comment