Penyebab Utama Sering Mengantuk


Rasa kantuk merupakan tanda yang diberikan tubuh agar orang tersebut untuk beristirahat, yang biasanya datang pada malam hari atau saat merasa lelah. Akan tetapi, rasa ngantuk pun terkadang muncul tak tergantung pada waktu yang dapat menyebabkan berbahaya jika seseorang sedang berkendara, dan dapat mengurangi kualitas hidup dan produktivitas. Dan lebih jauhnya, ngantuk itu merupakan gejala adanya masalah pada kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat orang selalu mengantuk di sepanjang hari :

1. Memiliki masalah pada tidur

Gangguan tidur seperti nafas yang tiba-tiba terhenti, lalu mendengkur atu sering bangun. Itu semua dapat berpengaruh pada kualitas kurangnya tidur dan tubuh akan merasakan ngatuk pada esok harinya, meskipun seseorang itu telah tidur 8 jam lamanya pada malam hari.

2. Kurangnya tidur

Secara umum, seseorang itu membutuhkan tidur selama 8 jam/hari. Jika kurang dari itu, akan mengakibatkan gangguan konsentrasi dan kesehatan. Sehingga orang itu mudah merasakan ngantuk. Dan dengan alasan seperti itu, jadi pastikanlah tubuh untuk memperoleh istirahat yang cukup.

3. Anemia (Kurang Darah)

Anemia merupakan salah satu penyebab utama dari rasa ngantuk yang sering datang. kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang di perlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang, sehingga menyebabkan orang sering merasa ngantuk


4. Dehidrasi

Kelelahan dan ngantuk bisa menjadi tanda dari dehidrasi. Maka dengan itu segeralah cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan selalu bersemangat.


5. Diabetes

Glukosa adalah bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena adanya oksigen. Orang dengan diabetes tipe 2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menyediakan energi. Oleh sebab itu, individu dengan diabetes tipe 2 mengeluh merasa lelah dan ngantuk sepanjang waktu.

6. Penyakit Jantung

Ketika anda mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya anda harus memastikan bahwa jantung anda dalam keadaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung

7. Alergi pada makanan

Beberapa dokter telah percaya bahwa alergi terhadap makanan tersebut bisa membuat orang merasa ngantuk. Jika anda memiliki toleransi terhadap alergi, gejala awalnya hanya kelelahan dan tidak menyebabkan gatal-gatal.


8. Gangguan Pada Saluran Kemih

Gangguan seperti diatas dapat menyebabkan luka dan terbakarnya yang sering terjadi pada malam hari sehingga hal itu dapat mengganggu tidur.

9. Peralihan Kerja

Memiliki pekerjaan dengan shift malam itu adalah salah satu yang dapat mengganggu pola tidur yang normal dan waktu biologis tubuh. Hal itu, dapat mengakibatkan orang merasa mengantuk seharian.


10. Sindrom kelelahan kronis

Lelah biasanya segera hilang saat di bawa istirahat. tapi untuk sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome), lelah tidak cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot, dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori.

Blog Ini Didukung Oleh :

0 comments:

Post a Comment