Mengenal Penyakit Bronkitis

 
Suatu peradangan pada cabang tenggorok atau bronchus yang menghubungkan pada saluran udara ke paru-paru. Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru-paru) dan pada usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius. Bronkitis sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja, meskipun itu pada anak-anak. Jika tidak segera ditangani maka dampaknya akan bertambah parah. Ada berbagai penyebab dari penyakit ini, biasanya akan menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan.
Penyebab Terjadinya Bronkitis

Bronkitis dapat disebabkan oleh berbagai hal. Seseorang bisa mengalami bronkitis jika kondisi tubuhnya khususnya pada tenggorokan yang tidak sehat. Penyakit bronkitis dapat disebabkan oleh adanya virus penyakit serta bakteri yang selalu saja menghinggapi kita. Bakteri tersebut menyerupai organisme atau mycoplasma pneumoniae dan chlamydia. Bronkitis juga bisa menghampiri bagi mereka yang suka merokok dan menderita penyakit paru-paru serta saluran pernafasan yang sangat lama. Selain itu dapat dikarenakan oleh sinusitis kronis, bronkiektasis, alergi serta pembesaran amandel dan adenoid. Selain itu hal yang paling sering dialami yaitu aibat debu, asap, polusi udara serta tembakau pada rokok.
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Bronkitis sebenarnya bisa diatasi dan dicegah sebelumnya yaitu dengan cara menghindar dari asap rokok. Berbagai debu, polusi udara serta tidak merokok. Untuk itu kita mesti menggunakan pelindung hidung dari udara kotor seperti penggunaan masker. Selain itu perbanyak minum air putih untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga racun dalam tubuh dapat larut yang keluar melalui air seni.
Tindakan Lanjut Bagi Pengidap Bronkitis

Jika penyakit ini sudah mulai menjangkiti tubuh seseorang maka ada tindakan serius yang dapat dilakukan. Seperti cek atau tes paru-paru ke dokter, gas darah arteri, rontgen dada. Hal ini bertujuan untuk mengobati penyakit ini jika memang sudah berlanjut dan serius. Tindakan medis membuat seseorang mengetahui sejauh mana perkembangan penyakit ini. Namun pada dasarnya mencegah terlebih dahulu dapat memperkecil resiko bronkitis yang akan dialami.

Blog Ini Didukung Oleh :

0 comments:

Post a Comment