7 Cara Menghindari Konstipasi / Sembelit


Konstipasi atau dikenal juga dengan sembelit merupakan masalah sistem pencernaan yang sering dialami oleh banyak orang. Tanda-tanda konstipasi yang umum adalah frekuensi buang air besar yang kurang dari 2 kali dalam seminggu, buang air besar tidak teratur, dan feses yang keras sehingga kadang menimbulkan rasa sakit.
Tentu kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan, berikut adalah tips untuk mencegah konstipasi dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan secara umum:

1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat.

Serat merupakan elemen penting untuk menyehatkan sistem pencernaan. Serat membantu feses agar lebih mudah melewati usus. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat setiap hari secara teratur akan membantu meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Sumber makanan yang kaya serat antara lain adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Minum cukup air putih.

Sebagian besar orang yang menderita konstipasi mengalami dehidrasi. Air sangat penting dalam menggerakkan sampah atau feses dalam usus. Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari dapat mencegah munculnya konstipasi. Air dapat membantu membuat feses menjadi lebih lunak sehingga tidak akan menimbulkan sakit baik di usus maupun ketika dikeluarkan melalui anus.

3. Makan dalam porsi kecil tapi sering.

Makan dalam porsi besar sekaligus dapat menyebabkan konstipasi. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering. Makan 5-6 kali dalam porsi kecil bisa mencegah terjadinya konstipasi.

4. Batasi konsumsi makanan dan obat-obatan yang dapat menyebabkan konstipasi.

Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan konstipasi, contohnya adalah roti yang terbuat dari terigu putih atau produk susu, daging, telur, keju dan makanan olahan. Begitu pula obat-obatan seperti antasid dapat pula menyebabkan konstipasi. Oleh karena itu batasi konsumsi makanan dan obat-obatan tersebut.

5. Olahraga secara teratur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga secara teratur dapat mencegah konstipasi. Berolahraga selama tiga puluh menit setiap hari atau 3-5 kali dalam seminggu dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih efektif dan membantu mencegah konstipasi.

6. Hindari menunda keinginan untuk buang air besar.

Terkadang banyak yang memilih untuk menunda pergi ke kamar mandi ketika dorongan buang air besar muncul dengan berbagai alasan. Menunda ketika dorongan buang air besar muncul justru dapat menimbulkan konstipasi.

7. Hindari minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Beberapa minuman dapat menimbulkan dehidrasi misalnya minuman bersoda, kopi, dan teh. Selain itu hindari konsumsi alkohol terlalu banyak karena alkohol juga memiliki efek yang dapat menimbulkan dehidrasi pada tubuh. Jika tubuh mengalami dehidrasi maka air yang ada dalam feses diserap kembali oleh tubuh sehingga menyebabkan feses menjadi keras dan memicu konstipasi.

Blog Ini Didukung Oleh :


0 comments:

Post a Comment